Bonsai kelapa. CARA MEMBUAT BONSAI KELAPA

Bonsai kelapa. Banyak sekali orang yang membuat tanaman atau pohon menjadi bonsai. Salah satunya adalah bonsai kelapa. Seperti apa pembuatan tanaman ini ayo sahabat akangdoclo.com simak.

Bonsai merupakan salah satu teknik khusus untuk membuat tanaman menjadi kerdil namun memiliki sebuah kearifan yang mumpuni. Teknik bonsai berasal dari negri matahari (jepang). Pada dasarnya teknik ini menggunakan media tanam kecil seperti pot kecil dan sejenisnya dengan sangat dangkal. Hal ini membuat banyak sekali variasi tanaman bonsai yang bisa sahabat tumbuhkan dan pelihara.

Untuk sahabat yang ingin tahu lebih banyak seputar tanaman hias daun terpopuler silahkan klik disini.

Tipe bibit kelapa yang cocok untuk dijadikan bonsai

Sebelum sahabat membuat tanaman bonsai kelapa. Sahabat juga harus tahu jenis pohon kelapa apa saja yang sangat bagus dan cocok untuk dijadikan bonsai.

Pohon kelapa yang banyak dijadikan bonsai pada umumnya, kelapa gading merah, kelapa albino dan kelapa gading susu. Namun jenis kelapa apapun bisa untuk di jadikan bonsai.

Sesuai dengan nama jenis kelapa di atas. Kelapa gading merah memiliki warna merah kekuningan yang sangat cocok buat sahabat pelihara. Namun bonsai gading merah ini harus  secara rutin menggunakan pupuk agar warnanya terjaga. Kelapa gading susu memiliki warna merah keputihan (pinglah) yang sangat bagus untuk di jadikan bonsai. Jenis bonsai yang satu ini juga sangat cocok untuk menggantikan pohon palem pada halaman rumah. Sedangkan untuk kelapa gading susu memiliki warna merah lebih keputihan dengan warna yang sangat menarik dan sangat unik.

Pilih bibit kelapa berkualitas

Bonsai kelapa

Sama halnya dengan tanaman yang lain. Langkah pertama untuk membuat tanaman bonsai juga harus memilih bibit yang bagus, unggul dan berkualitas.

Kriteria bibit berkualitas

  • Buah kelapa yang sudah tua (kolot).
  • Dipetik langsung dari atas pohon.
  • Bukan buah kelapa yang jatuh dari pohon.
  • Buah kelapa memiliki batok kecil namun memiliki banyak akar.

Ingat yah.!! sahabat tidak boleh buah kelapa yang jatuh karena batok kelapa akan mudah rapuh dan rusak.

Pada saat sahabat telah menyiapkan buah kelapa yang sudah tua. Tunas kelapa akan tumbuh sekitar 2 sampai 3 miinggu. Nah sahabat harus tahu nih bahwa posisi bibit akan mempengaruhi bentuk bonsai saat masa pertumbuhan. Oleh karena itu ketika sahabat meletakkan bibit dengan posisi vertikal. Pasti batoknya akan di kelilingi oleh akar. Sedangkan posisi bibit saat diletakkan dengan posisi horizontal maka bonsai akan tumbuh seperti bentuk keong. Oleh karena itu aturlah posisi yang sesuai dengan keinginan sahabat semua.

Cara membentuk bonsai kelapa dengan kawat

Bonsai kelapa

Bentuk bonsai kelapa yang sangat menarik dan unik. Tidak muncul dengan sendirinya, membutuhkan sebuah ketelatenan dan usaha yang ekstra dan sang pemelihara. Salah satunya menggunakan teknik ikatan dengan kawat atau tali serta pemotong dan pembelahan ranting secara rutin.

Ikatkan kawat atau tali akan mengarahkan pertumbuhan ranting bonsai semampai dan elok.

  • Tali ujung ranting (tunas) dan kaitkan ke pangkal batang.
  • Pemotongan ranting dilakukan pada saat sahabat membuang bagian yang tidak diinginnkan.

Pada umumnya pemotongan ranting melengkung atau mendatar kedalam batang. Dengan demikian bekas pemotongan ranting akan cepat tertutup.

Perawatan dan pemeliharaann

Bonsai kelapa (pxhere.com)

Gambar ilustrasi perawatan bonsai

Tips merawat dan memelihara bonsai kelapa ternyata tidak sesulit seperti apa yang kita bayangkan.

Perawatan utama

  1. Siram tanaman bonsai setiap hari
  2. perbanyak skala penyiraman pada musim kemarau supaya tanaman tidak kering dan layu. Tapi jangan sampai airnya menggenang karena bisa memicu pembusukan akar.

Agar tumbuh subur

bonsai kelapa

pupuk organik

  1. 15 hari sekali pemberian pupuk kandang.
  2. Menandai kalender agar perawatan maksimal.
  3. Gunakan obat hama saat serangga mulai hinggap
  4. Singkirkan sisa pelepah dengan pisau sayat
  5. Lakukan seksama agar tampilan tanaman tidak rusak.

Info menarik

Bonsai kelapa merupakan tanaman hidup yang terus bertumbuh. Akan ada tantangan setiap hari buat kamu yang merawat dan memeliharanya. Baik itu tantangan saat menjaga dan merawat bentuk batangnya.

Sayangnya bonsai kelapa tidak akan perah bisa berbuah. Saat masa pertumbuhan, bonsai akan tumbuh dengan posisi awalnya. Namun tanaman kerdil yang cantik ini bisa tumbuh dengan tinggi 20-100 cm. Tergantung pada perawatan dan penjagaan nya usia bonsai kelapa bisa sampai belasan tahun.

Selamat berkarya sahabat semua.!!

Baca terus informasi menarik yang akangdoclo.com siapkan buat sahabat semua. Siahkan Akses terus artikel dibawah ini.