MENANAM TOMAT SERTA PANDUAN BUDIDAYA

Menanam tomat dan budidayanya yang kali ini akangdoclo.com bahas buat sahabat semua yang ada dirumah. Semoga sahabat selalu sehat yahh..!! Amiinn.

Di alam leluasa tumbuhan tomat berupa semacam perdu, ketinggiannya dapat menggapai besar 3 m. Tetapi sehabis dibudidayakan besar tumbuhan ini tidak lebih dari 2 m serta umumnya ditopang oleh ajir ataupun tali buat menahan supaya tidak roboh.

Tumbuhan tomat dapat berkembang baik di bermacam media semacam lahan terbuka, hidroponik, halaman vertikultur serta media pot ataupun polybag. Pada peluang kali ini kami hendak menguraikan tentang metode menanam tomat dalam polybag. Apabila mau mengenali bercocok tanam tomat skala besar di lahan terbuka baca panduan universal budidaya tomat.

Pemilihan tipe tanaman

menanam tomat pixhere.com

Secara universal, orang membedakan tomat dari wujud buahnya. Ada 4 kalangan tomat yang banyak tersebar di pasaran ialah :

  • Tomat buah ataupun tomat granola, wujudnya bundar dengan pangkal mendatar.
  • Tomat gondol, wujudnya lonjong biasa digunakan bagaikan bahan baku saus.
  • Tomat sayur, teskturnya keras rasanya sedikit kecut.
  • Tomat cherry, wujudnya kecil rasanya manis kecut.

Metode menanam tomat dalam polybag bukanlah susah. Langkah awal seleksi tipe tomat serta varietas yang hendak ditanam. Sesuaikan posisi tempat budidaya dengan varietas tomat yang hendak diseleksi, paling utama buat keadaan hawa serta ketinggian tempat.

Buat hasil yang optimal, pakai benih unggul dari sumber yang terpercaya. Benih tomat dari bermacam varietas dapat didapatkan di toko- toko pertanian. Penjelasan menimpa sifat- sifat tumbuhan dapat dibaca pada label yang tertera dalam kemasan benih. Wahh.. Untuk sahabat akangdoclo.com yang ingin menanam tomat dipot atau polybag silahkan baca. Dengan mengklik di bawah ini.

Cara menanam tomat di pot

Penyemaian benih tomat

menanam tomat

Metode menanam tomat dalam polybag hendaknya lewat sesi persemaian terlebih dulu. Benih yang berbentuk biji wajib disemaikan jadi bibit tumbuhan. Langkah ini dibutuhkan sebab benih yang baru berkembang membutuhkan perlakuan yang berbeda dengan tumbuhan yang sudah berkembang besar.

Siapkan tempat serta media persemaian terlabih dulu. Seleksi tempat persemaian yang terlindung dari hujan serta cahaya matahari secara langsung. Media persemaian dapat beragam, silahkan baca metode membuat media persemaian buat hortikuktura.

Wujud persemaian dapat berbentuk bedengan, rak semai, ataupun polybag semai. Buat persemaian dengan bedengan, buat larikan diatas bedengan dengan kedalaman 1 centimeter serta jarak antar larik 5 centimeter. Setelah itu tanam benih tomat pada masing- masing larik dengan jarak 3 centimeter, tutup permukaannya serta siram seperlunya.

Buat persemaian yang memakai ploybag, isi polybag dengan media persemaian. Apabila tidak terdapat polybag dapat memakai daun pisang. Setelah itu benamkan benih tomat sedalam 1 centimeter kedalam media tersebut. Kemudian tutup permukaannya serta siram seperlunya. Tiap polybag lumayan diisi satu benih.

Sehabis benih disemaikan, jalani penyiraman tiap 2 kali satu hari dengan gembor yang halus. Berhati- hatilah kala menyiram, jangan hingga mengganggu permukaan persemaian.

Pemupukan bonus dapat diberikan sehabis 2 minggu dengan pupuk cair organik, pupuk kompos ataupun NPK. Perawatan lain yang wajib dicoba merupakan penyiangan. Jangan hingga berkembang gulma dalam zona persemaian. Bibit tumbuhan tomat siap dipindahkan dari tempat persemaian ke dalam polybag sehabis 30 hari ataupun telah mempunyai paling tidak 5 helai daun.

Pemindahan bibit tomat

Saat sebelum bibit dipindahkan, siapkan media tanam serta polybag. Isi polybag tersebut dengan tanah, arang sekam, serta kompos dengan perbandingan 2: 1: 1. Buat lebih detailnya amati metode membuat media tanam buat polybag.

Ada 2 metode menanam tomat dari tempat persemaian ke dalam polybag. Awal, memindahkan bibit dengan dicabut. Triknya, siram persemaian dengan air supaya media tanam jadi lunak. Kemudian cabut tumbuhan dengan hati- hati jangan hingga pangkal tumbuhan putus ataupun rusak. Setelah itu masukkan tumbuhan tersebut secara tegak lurus pada lubang tanam yang terdapat dalam polybag. Posisi pangkal wajib tegak lurus jangan hingga bengkok ataupun terlipat. Atur kedalaman lubang tanam cocok dengan panjang pangkal.

Kedua, memindahkan bibit dengan diputar. Triknya tumbuhan tomat dinaikan dengan media yang terdapat disekitarnya. Buat bibit dari bedengan, cungkil tumbuhan sedalam 10 centimeter dengan sekop ataupun tangan. Setelah itu angkat serta pindahkan berikut dengan tanahnya.

Buat bibit dalam polybag semai, sobek ataupun tarik plastik polybag semai setelah itu dipindahkan beserta tanahnya kedalam polybag yang lebih besar. Polybag semai dari plastik dapat dipakai berulang- ulang.

Pemeliharaan serta perawatan

 (pxhere.com)

merawat tanaman

Pemeliharaan tumbuhan tomat dalam polybag ataupun pot relatif gampang. Kesehatan tumbuhan lebih lebih terkendali sebab bebas dari penularan penyakit melalui pangkal. Jaga supaya media tanam tidak sangat kering. Siram paling tidak 2 kali satu hari, namun jangan sangat basah buat menjauhi busuk pangkal.

Siangi gulma yang ada dalam polybag secara tertib. Apabila terdapat tumbuhan yang layu ataupun mati, cabut lekas serta buang media tanamnya supaya tidak menulari tumbuhan lain. Perawatan lain yang dibutuhkan merupakan pemangkasan tunas serta pemberian ajir bagaikan penopang tumbuhan.

Pupuk tumbuhan sehabis satu minggu dengan kompos sebanyak satu genggam buat tiap polybag. Jalani akumulasi pupuk kompos tiap bulan, ataupun apabila nampak tumbuhan kurang produktif. Apabila tumbuhan hendak berbuah dapat ditambahkan pupuk buah ataupun pupuk organik cair.

Hama serta peyakit tumbuhan tomat cukup banyak. Apabila nampak terdapat serbuan hama, ambil hama tersebut secara manual. Buang daun ataupun batang yang rusak terserang hama. Penyemprotan sebaiknya dicoba apabila betul- betul dibutuhkan. Supaya lebih nyaman buat kesehatan serta area pakai pestisida organik yang lebih natural. Silahkan baca metode membuat pestisida organik.

Pemanenan

Cara menanam tomat

pemanenan (pxhere.com)

Tumbuhan tomat dalam polybag telah dapat dipanen sehabis 3 bulan, bergantung dari varietasnya. Kriteria buah tomat yang siap dipanen merupakan yang berganti corak dari hijau ke kuning- kuningan ataupun tepi daun nampak kering serta batang menguning. Pemetikan dicoba pada buah yang sudah matang saja.

Buah tomat tidak matang secara serentak. Jalani pemetikan tiap 2- 3 hari sekali, jangan sangat rapat buat menjauhi kehancuran tumbuhan. Waktu pemetikan yang sangat baik pagi serta sore hari, kala cahaya matahari tidak sangat terik. Demikian penjelasan pendek tenang metode menanam tomat dalam polybag. Nah buat sahabat sekalian bagaimana,.!! Semoga berhassil yah..

Silahkan Baca terus artikel akangdoclo.com.! Semoga berhasil.

Terima kasih.!!